Berbagi Informasi Tentang Keberagaman Flora dan Fauna di Indonesia

Saturday, March 23, 2019

Tin Panache Tiger, Buah Tin dengan Warna Kulit yang Sangat Unik.

March 23, 2019 Posted by Florauna 1 comment
Tin-panache-tiger-buah-tin-dengan-warna-kulit-yang-sangat-unik.3
Pernah mendengar tentang buah tin? atau bahkan pernah merasakan kelezatan rasanya? Jika belum pernah, hal tersebut wajar saja karena buah ini masih sangat jarang untuk ditemukan di Indonesia.

Namun, bagi para pecinta buah pastinya sudah sangat familiar dengan buah tin. Buah yang sering disebut-sebut sebagai buah surga ini sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu akan khasiat dan manfaatnya.

Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa jenis buah tin yang beredar di pasaran seperti buah tin red israel, dan buah ungu. Namun ada lagi salah satu jenis buah tin yang tidak kalah terkenal, yaitu buah tin panache tiger. 

Pada umumnya, kulit buah tin memiliki warna ungu atau hijau. Namun berbeda dengan buah tin jenis ini. Buah tin panache tiger memiliki warna kulit yang sangat unik, yakni berwarna hijau - kuning dengan motif garis (variegata).
Tin-panache-tiger-buah-tin-dengan-warna-kulit-yang-sangat-unik.2
Buahnya berbentuk bulat seperti gasing, berdiameter sekitar 3-5 cm, memiliki berat sekitar 50-60 dengan bagian pangkal buah yang mengerucut. Untuk rasanya, buah tin panache tiger memiliki citarasa buah yang manis, legit, bertekstur lembut, dan beraroma harum.

Selain dapat dikonsumsi langsung dalam kondisi segar, buah tin ini juga sering diolah menjadi berbagai macam produk kuliner seperti selai, jus, dan manisan kering.

Tin panache tiger sendiri memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan jenis buah tin lain.

Salah satu keunggulannya terletak pada pohonnya yang bersifat adaptif (mudah beradaptasi dengan kondisi lingkungan), memiliki pertumbuhan yang cepat serta memiliki tingkat produktifitas buah yang cukup tinggi
Tin-panache-tiger-buah-tin-dengan-warna-kulit-yang-sangat-unik.2
Secara fisik, tanaman buah tin panache tiger memiliki karakteristik yang hampir sama dengan tanaman buah tin lain.

Batang pohonnya berdiameter tidak terlalu besar, mampu tumbuh mencapai tinggi 3 – 8 meter dengan percabangan yang banyak.

Daunnya berwarna hijau, berjenis menyirip seperti daun singkong namun sedikit menggelembung pada bagian tengahnya.

Meskipun bukan buah asli dari tanah air, tanaman yang memiliki nama ilmiah Ficus Carica ini dapat tumbuh subur di Indonesia.

Tanaman buah tin panache tiger dapat tumbuh subur pada daerah dataran rendah ataupun daerah dataran tinggi beriklim tropis dengan suhu udara berkisar antara 30 – 35°C.

Jenis tanah yang cocok untuk pertumbuhan bibit tanaman buah tin adalah tanah humus yang subur, gembur, dan banyak mengandung unsur hara.
Tin-panache-tiger-buah-tin-dengan-warna-kulit-yang-sangat-unik.4
Budidaya tin panache tiger juga tergolong mudah dan tidak memerlukan biaya yang mahal.

Untuk menunjang pertumbuhannya, lakukan penyiraman setiap satu kali sehari (pagi atau sore) secara rutin dan usahakan supaya media tanam jangan sampai terlalu kering.

Intensitas penyiraman sebaiknya disesuaikan dengan kondisi cuaca. Apabila kondisi cuaca sedang kering, penyiraman bisa dilakukan setiap dua kali sehari.

Pemupukan juga merupakan salah satu hal terpenting yang tidak boleh ditinggalkan dalam budidaya tanaman buah tin panache tiger.

Untuk pemupukannya sendiri dapat dilakukan setiap sebulan sekali menggunakan pupuk organik. Selain dapat ditanam di tanah, bibit tanaman buah tin panache tiger ini juga dapat ditanam sebagai tabulampot untuk menghias pekarangan rumah.
Tin-panache-tiger-buah-tin-dengan-warna-kulit-yang-sangat-unik.5
Jika dirawat dengan baik bibit tanaman buah tin jenis ini biasanya akan mulai berbuah saat sudah berumur 1 – 2 tahun sejak penanaman (bibit hasil stek).

Dibalik rasanya yang manis, buah tin panache tiger ternyata kaya akan kandungan gizi seperti vitamin B6, vitamin C, fosfor dan kalsium.

Mengkonsumsi buah ini secara rutin juga sudah terbukti mampu memberikan berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Seperti :
  1. Membantu pertumbuhan tulang dan gigi.
  2. Menstabilkan tekanan darah.
  3. Mengurangi resiko kanker.
  4. Memperlancar sistem pencernaan.
  5. Menurunkan nyeri pada penyakit asam urat.
  6. Mengurangi sesak nafas bagi penderita asma.
  7. Meningkatkan kesehatan jantung.
  8. Membunuh virus, jamur dan bakteri jahat dalam tubuh.
  9. Memicu pembentukan hemoglobin atau sel darah merah.
  10. Mengurangi resiko jantung koroner.

1 comment: