Berbagi Informasi Tentang Keberagaman Flora dan Fauna di Indonesia

Saturday, March 23, 2019

Palem Merah, Karena Keunikannya, Tanaman Ini di Jadikan Sebagai Maskot Kota Jambi

March 23, 2019 Posted by Florauna No comments
Palem-merah-karena-keunikannya-tanaman-ini-di -jadikan-sebagai-maskot-kota-jambi.1
Palem merah yang juga dikenal pinang merah merupakan salah satu jenis tanaman palem yang memiliki keunikan tersendiri. Keunikan itulah yang membuat tanaman ini menjadi tanaman yang menjadi maskot Kota Jambi. Dinamakan palem merah karena palem jenis ini memiliki pelepah yang berwarna merah.

Keberadaan tanaman palem merah ini sebenarnya sudah mulai terancam karena eksploitasi yang terjadi sekarang ini. Selain itu, kebakaran hutan juga mempengaruhi populasinya. Tanaman ini biasa di perdagangkan sebagai tanaman hias. Palem merah termasuk kedalam 14 jenis palem-paleman yang dilindungi.
Palem-merah-karena-keunikannya-tanaman-ini-di -jadikan-sebagai-maskot-kota-jambi.3
Tanaman palem merah ini merupakan tanaman asli Indonesia yang banyak ditemukan pada daerah hutan rawa atupun dataran rendah mencapai ketinggian 500 mdpl.

Karakteristik dari tanaman ini adalah pelepah daunnya yang berwarna merah menyala. Tanaman palem merah biasanya hidup tumbuh secara berumpun.

Batangnya tumbuh tegak lurus yang tingginya bisa mencapai 6 sampai 14 m. Jika diperhatikan tanaman palem jenis ini terlihat sangat tinggi dikarenakan batangnya yang tidak terlalu besar. Bentuk daunnya menyirip dan sedikit melengkung.
Palem-merah-karena-keunikannya-tanaman-ini-di -jadikan-sebagai-maskot-kota-jambi.4
Penananam palem merah sebaiknya dilakukan pada lahan terbuka yang mendapatkan sinar matahari setiap harinya. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan warna pelepah yang merah menyala.

Warna merah inilah yang menjadi daya tarik tanaman ini. Sehingga, tak heran jika palem merah menjadi salah satu tanaman hias favorit masyarakat

Tanaman palem merah ini juga memiliki buah. Buahnya berwarna hijau saat masih muda dan akan berubah menjadi merah saat sudah matang dengan bentuk seperti buah anggur, bedanya adalah buah palem ini memiliki tempurung yang sangat keras, berserabut, dan memiliki rasa yang sedikit pahit.
Palem-merah-karena-keunikannya-tanaman-ini-di -jadikan-sebagai-maskot-kota-jambi.5
Meskipun pahit, cairan yang ada pada buah palem ini dapat digunakan untuk menyembuhkan masalah pencernaan seperti diare.

Perawatan palem merah juga cukup mudah. Seperti palem pada umumnya, tanaman ini merupakan tanaman yang tangguh. Jika ditanam di tanah, akar palem merah dapat tumbuh sangat panjang dan dalam sehingga bisa mencari air sendiri dari bawah tanah.

Lain halnya jika palem ini ditanam dalam pot, maka perawatannya tentu saja berbeda. Palem merah yang ditanam dalam pot harus mendapatkan nutrisi dan tempat hidup yang cukup, apabila keduanya tidak tercukupi maka tanaman palem ini hanya akan tumbuh kecil.

0 comments:

Post a Comment