Berbagi Informasi Tentang Keberagaman Flora dan Fauna di Indonesia

Saturday, March 23, 2019

Mengenal Lebih Dekat dengan Buah Leci dan Perawatannya.

March 23, 2019 Posted by Florauna No comments
Mengenal-lebih-dekat-dengan-buah-leci.3
Pernahkah Anda mendengar tentang buah leci? Bagi para pecinta buah, buah yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi. Leci merupakan salah satu jenis buah yang sangat populer baik di Indonesia maupun di mancanegara.

Rasanya yang manis dan segar membuat buah ini sering dijadikan sebagai bahan utama dalam pembuatan berbagai macam produk kuliner.

Secara fisik, buah leci memiliki tampilan yang sangat mirip dengan buah rambutan, namun buah leci tidak memiliki rambut pada kulitnya. Buahnya berbentuk bulat, berukuran sebesar buah kelengkeng, berwarna merah marun saat sudah matang dengan permukaan kulit yang bergerindil.
Mengenal-lebih-dekat-dengan-buah-leci.2
Saat kulitnya dibuka, akan terlihat daging buah yang berwarna putih (mirip seperti buah kelengkeng) lengkap dengan biji berwarna coklat dan berbentuk lonjong. Pohon leci berukuran sedang, berkayu, memiliki percabangan yang banyak, dan mampu tumbuh mencapai tinggi 4 meter.

Daun tanaman leci berbentuk lonjong atau elips, berjenis menyirip, berwarna hijau mengkilat saat masih muda dan berubah menjadi kemerahan saat sudah tua. Buah leci biasanya muncul secara bergerombol pada bagian ujung tangkai seperti buah rambutan.

Meskipun berasal dari China, tanaman yang memiliki nama ilmiah Leachi Chinensis ini dapat tumbuh subur di Indonesia. Namun ada syaratnya, bibit leci harus ditanam pada daerah dataran tinggi dengan ketinggian lebih dari 800 mdpl beriklim tropis.
Mengenal-lebih-dekat-dengan-buah-leci.1
Jenis tanah yang baik untuk penanaman bibit leci adalah tanah humus yang subur, gembur, dan banyak mengandung unsur hara. Selain itu, budidaya leci juga tidak terlalu sulit karena tidak memerlukan perawatan khusus dan biaya yang mahal.

Untuk menunjang pertumbuhannya, lakukan penyiraman setiap satu kali sehari (pagi atau sore) secara rutin. Intensitas penyiraman sebaiknya disesuaikan dengan kondisi cuaca, jika kondisi cuaca sedang kering, penyiraman bisa dilakukan setiap dua kali sehari.

Jangan lupa untuk melakukan pembersihan gulma (tanaman pengganggu) yang tumbuh disekitar tanaman agar kandungan unsur hara yang ada di dalam tanah tetap terjaga.
Mengenal-lebih-dekat-dengan-buah-leci.4
Pemupukan juga merupakan salah satu aspek terpenting yang tidak boleh dilupakan dalam budidaya leci. Untuk pemupukannya sendiri bisa dilakukan setiap sebulan sekali menggunakan pupuk NPK/pupuk kompos.

Jika dirawat dengan baik, bibit leci biasanya akan mulai berbuah saat sudah berumur 2 – 4 tahun sejak penanaman (bibit hasil cangkok/okulasi). Bagi Anda yang ingin memulai budidaya tanaman buah, budidaya leci bisa menjadi salah satu pilihan Anda.

Selain perawatannya yang mudah, budidaya leci juga merupakan sebuah peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Hal ini dikarenakan buah leci memiliki harga jual yang cukup tinggi. Permintaan pasar untuk buah ini juga tidak pernah menurun bahkan cenderung mengalami kenaikan.
Mengenal-lebih-dekat-dengan-buah-leci.5
Dibalik kesegaran rasanya, buah leci ternyata juga kaya akan kandungan gizi seperti vitamin A, vitamin D, vitamin B12, dan kalsium. Menurut penelitian, mengkonsumsi buah leci dapat memberikan berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Seperti :
  1. Menghambat penuaan dini.
  2. Mengatasi sunburn (luka bakar akibat matahari).
  3. Mencegah kanker.
  4. Baik untuk kesehatan mata.
  5. Menyehatkan organ-organ kardiovaskuler.
  6. Melancarkan metabolisme tubuh.
  7. Menjaga kesehatan tulang.
  8. Mengatasi peradangan.
  9. Melancarkan sirkulasi darah.
  10. Membantu menurunkan berat badan.

0 comments:

Post a Comment