Berbagi Informasi Tentang Keberagaman Flora dan Fauna di Indonesia

Saturday, March 23, 2019

Daun Monstera, Tanaman yang Tengah Naik Daun Ini Ternyata Beracun.

March 23, 2019 Posted by Florauna No comments
Mengenal-lebih-dekat-dengan-tanaman-aglaonema-dan-cara-perawatannya.1
Beberapa waktu belakangan ini, ada salah satu jenis tanaman hias yang kepopulerannya sedang meningkat. Hal ini dikarenakan tanaman ini mempunyai ukuran daun yang lebar dan berbentuk unik membuat siapa saja yang melihat tanaman ini, pasti berkeinginan untuk memilikinya. Ada yang bisa menebak jenis tanaman hias apa ini?

Jawabannya adalah tanaman monstera. Bagi orang Indonesia, tanaman ini bisa dibilang kurang terkenal. Namun di mancanegara, tanaman monstera seolah-olah sudah menjadi rajanya tanaman hias.

Tanaman ini sering dijadikan sebagai tanaman hias dalam ruangan. Menurut riset, menanam tanaman ini di dalam rumah akan membuat suasana menjadi lebih sejuk dan bisa juga mendongkrak produktivitas serta meningkatkan kebahagiaan.
Mengenal-lebih-dekat-dengan-tanaman-aglaonema-dan-cara-perawatannya.2
Nama tanaman monstera ini berasa dari bahasa latin yaitu monstrous yang berarti abnormal. Penamaan tersebut dikarenakan tanaman ini memiliki bentuk daun yang berbeda dengan jenis daun tanaman lain, yakni pada bagian pinggirnya seperi robek dan bolong.

Tanaman monstera memiliki bentuk batang yang ramping dan tinggi. Daun dan batangnya berwarna hijau tua sehingga sangat cocok untuk diletakkan di dalam ruangan yang dekorasinya berkonsep tropical.

Tanaman yang berasal dari hutan tropis di selatan Panama sampai selatan Meksiko ini merupakan sebuah pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin membuat ruangan di dalam rumah terlihat lebih hijau.

Selain itu, tanaman ini juga dapat meningkatkan kualitas udara di dalam rumah berkat produksi oksigen terutama pada malam hari.
Mengenal-lebih-dekat-dengan-tanaman-aglaonema-dan-cara-perawatannya.3
Tanaman yang berasal dari hutan tropis di selatan Meksiko sampai selatan Panama ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin membuat ruangan terlihat lebih hijau.

Bentuk daun monstera yang unik tak hanya dapat memberi kesan eksklusif pada ruangan, tapi juga mampu meningkatkan kualitas udara berkat produksi oksigen terutama pada malam hari.

Selain dapat diletakan di dalam rumah, tanaman monstera juga dapat diletakkan dipekarangan rumah. Di Indonesia, banyak yang mengira bahwa tanaman ini sama dengan tanaman “janda bolong”.

Namun pada kenyataannya, tanaman janda bolong dan monstera adalah dua tanaman yang berbeda. Perbedaan yang paling mencolok terletak pada ukuran daunnya.

Tanaman janda bolong cenderung memiliki daun yang lebih kecil dan lonjong, sedangkan tanaman monstera memiliki daun yang besar dan melebar.
Mengenal-lebih-dekat-dengan-tanaman-aglaonema-dan-cara-perawatannya.4
Meskipun memiliki daun yang indah dan menyejukan mata, tanaman monstera ternyata beracun. Menurut penelitian, daun tanaman ini dapat menyebabkan keracunan pada orang atau binatang yang tanpa sengaja mengunyahnya. Gejala keracunan daun monstera antara lain rasa sakit dan nyeri serta iritasi mulut.

Tanaman monstera ini terkadang juga berbuah dan akan matang setelah satu tahun. Buahnya mirip seperti nanas, ketika belum matang buahnya mengandung asam oksalat yang cukup tinggi sehingga berbahaya jika dimakan.

Jika sudah matang, buah monster memiliki rasa dan tekstur yang mirip juga seperi buah nanas. Namun, buah dari tanaman ini sebaiknya tidak di konsumsi karena pada sebagian orang dapat menyebabkan urtikaria (ruam kulit berair).

0 comments:

Post a Comment