Berbagi Informasi Tentang Keberagaman Flora dan Fauna di Indonesia

Saturday, March 23, 2019

Mengenal Lebih Dekat dengan Tanaman Aglaonema dan Cara Perawatannya.

March 23, 2019 Posted by Florauna No comments
Mengenal-lebih-dekat-dengan-tanaman-aglaonema-dan-cara-perawatannya.1
Aglaonema atau yang juga dikenal dengan sebutan Sri Rejeki merupakan tanaman hias yang masih temasuk kedalam family Araceae. Tanaman hias ini memiliki sekitar 30 spesies yang tersebar di seluruh benua.

Habitat asli tanaman aglaonema adalah hutan hujan tropis, namun dapat tumbuh juga pada areal dengan intensitas penyinaran rendah dan mempunyai kelembaban yang tinggi.

Saat ini, tanaman aglaonema ini sudah banyak dibudidayakan karena memiliki peluang bisnis yang sangat menarik.

Hal ini dikarenakan cara pengembangbiakan serta pemeliharaan tanaman ini cenderung mudah.Selain itu, harga jualnya tanaman hias ini juga bisa dibilang sangat fantastis.

Bagaimana tidak? harga satu tanaman Aglaonema dipasaran bisa dibandrol mencapai 1 juta rupiah, bahkan ada juga yang mencapai 3 juta rupiah.
Mengenal-lebih-dekat-dengan-tanaman-aglaonema-dan-cara-perawatannya.2
Mahalnya harga jual tanaman ini dipengaruhi oleh beberapa hal seperti warna daun, faktor ukuran, dan usia.

Pada spesies yang ukuran dan umurnya sudah dewasa, harga jualnya akan jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan spesies yang masih mungil.

Faktor pertumbuhan dan kekompakan daun juga mempengaruhi harga tanaman ini. Tanaman aglaonema yang memiliki tangkai daun yang pendek, biasanya memiliki harga jual yang mahal.

Sebagian besar, konsumen dari tanaman aglaonema ini adalah masyarakat golongan menengah ke atas dan pecinta tanaman hias karena harganya yang mahal

Aglaonema ini sering dijadikan sebagai salah satu pilihan bagi para pecinta tanaman hias dikarenakan tanaman ini memiliki daun yang indah dengan corak warna yang khas.
Mengenal-lebih-dekat-dengan-tanaman-aglaonema-dan-cara-perawatannya.3
Selain itu, tanaman ini juga menjadi populer karena sangat cocok ditanam untuk menambah keindahan pekarangan rumah ataupun sebagai tanaman hias dalam ruangan.

Untuk perawatannya, lakukan penyiraman setiap 3 – 4 kali sehari dengan cara di semprotkan, bukan diguyur.

Meskipun membutuhkan air untuk pertumbuhannya, tanaman ini tidak terlalu menyukai air yang berlebihan karena dapat menyebabkan jamur yang biasanya akan menyerang akar tanaman. Serangan jamur ini bisa membuat tanaman aglaonema menjadi membusuk.

Penamanan tanaman hias jenis ini sebaiknya dilakukan pada daerah yang memiliki suhu udara berkisar antara 30-35°C dan ditanam pada tempat yang mendapatkan sinar matahari langsung.

Hal ini dilakukan karena tanaman ini biasanya tidak akan tumbuh subur dan akan mati jika ditanam pada daerah bersuhu dingin.
Mengenal-lebih-dekat-dengan-tanaman-aglaonema-dan-cara-perawatannya.4
Media tanam yang cocok untuk pertumbuhan tanaman aglaonema adalah tanah gembur yang biasanya dicampur dengan pupuk.

Selain dapat ditanam ditanah, tanaman ini juga dapat ditanam di dalam pot yang terbuat dari tanah liat (pot biasa juga bisa).

Resiko kegagalan dalam budidaya tanaman aglaonema ini biasanya disebabkan oleh serangan hama dan penyakit busuk akar yang disebabkan oleh jamur Pythium spp akibat media tanam terlalu lembab dan basah.

Selain itu, si cantik ini juga akan layu jika mengalami gangguan psikologis. Gangguan psikologis ini disebabkan karena kurangnya cahaya serta faktor kelembaban yang tinggi.

Namun, kegagalan dalam budidaya tanaman aglaonema tidak akan Anda alami jika Anda menanam dan merawat tanaman ini dengan baik, seperti apa yang sudah disebutkan pada artikel ini.

0 comments:

Post a Comment